Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Terstruktur

Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Terstruktur

morim.org – Dalam mengirimkan sebuah dokumen, kita pasti harus melampirkan alamat tujuan yang harus dikirimi. Ini berguna agar amplop sampai ke tujuan. Apalagi mengirimkan dokumen ke perusahaan atau intansi yang membutuhkan bukti tertulis. Wajib mengirimkan dengan kantor post. Tetapi, terkadang hal tak terduga terjadi seperti dokumen yang dikirimkan tidak sampai, kenapa?

Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Terstruktur
Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Terstruktur

Karena alamat tersebut tidak tertera dengan lengkap ataupun tidak rapih. Biasanya ini terjadi ketika kita sedang tidak berkonsentrasi atau tidak berurutan/terstruktur dalam menuliskan alamat tujuan pengirimannya. Disini Kita akan mengetahui penulisan alamat surat yang benar agar terhindar dari barang tak sampai ke tujuan.

Membuat Alamat Pengiriman

Kita harus tahu kepada siapa kita mengirim surat, apa ke teman, instansi, perusahaan ataupun lainnya. Semisal akan mengirimkan skripsi ke dosen Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Nama Penerima

Dalam mengirimkan, nama penerima wajib dicantumkan dalam amplop pada bagian atas, agar si penerima dan pekerja di Kantor Post tidak kebingungan dalam mencari orang. Jika orang penting, Anda dapat menyertainya dengan title (gelar) jika menulis menggunakan title, si penerima akan merasa terhormat dan segan menerima Amplop dari kita.

Mengirimkan ke alamat lain

Metode ini dapat Anda lakukan, jika orang tersebut tidak tinggal menetap. Apa yang harus di tulis? Tulis lah dengan kata “surat ini dikirimkan untuk” atau bisa “Ditujukan untuk”. Tulisan tersebut diletakkan pada bawah nama.

Sertakan nama jalan dan nomor kotak pos

Hal tersebut bisa dilakukan jika pemilik rumah mempunyai kotak post, jika tidak tuliskanlah name jalan secara detail. Jalan apa yang dekat dengan rumahnya.

Tulislah nama kota, kecamatan dan kelurahan serta kode pos

Hal di atas bertujuan untuk menuliskan secara spesifik domisili si tujuan, misal kota Bogor, Kecamatan Bojong Gede, Kelurahan Pabuaran. 16922.

Mengirimkan Surat dari Negara lain

Berbeda dengan di dalam negeri, Luar pun juga mengirim amplop dengan alamat berbeda. Metode yang dapat dilakukan yaitu:

Menulis nama penerima

Sama seperti di atas, bedanya kita harus menuliskan titel formal dengan memakai “Mr”, untuk pria, “Mrs” untuk wanita.

Jika Anda sedang mengirimkannya ke orang yang bekerja bagian pemasaran maupun bagian apapun di kantornya dan tidak tahu dikirimkan ke siapa, tulislah memakai “Attn” dengan menuliskan bagiannya seperti “Director of Marketing”. Jadi seperti “Attn: Direktur Marketing”.

Tulis nama Instansi

Nama instansi atau organisasi sangatlah penting, ini memudahkan dalam mengirimkan dokumen maupun berkas. Contohnya jika kita ingin mengirimkannya ke kantor Apple sertakan nama, bagian dan instansinya. Seperti “John Smith”, di bawahnya tulis bagian dia “Digital Marketing” dan instansi nya di bawanya lagi “Apple Inc”.

Masukkan nama jalan atau kotak post

Apabila di luar negeri khususnya Negara Amerika, dalam menuliskan jalan pastikan menyertakan catatan penanda arah. Contohnya yaitu “400” dan tulislah bagian arah kompas menjadi “400 West”. Jika mengirimkan surat menggunakan PO Box, layanan pos akan lebih cepat mengetahui dimana PO Box tersebut berada.

Menuliskan Negara bagian, kode post dan kota nya

Menulis surat ke tempat tujuan harus lah lengkap, dimana kota, kode post nya tertulis lengkap. Contohnya, Illinois, Chicago, 60007.

Amplop siap dikirimkan

Jikalau Anda sudah mengikuti step di atas dengan benar, saat nya mengirimkan amplop ke tempat tujuan.

Baca Juga : Agar Aman Buat Watermark Di Dokumen Anda

Itulah cara penulisan alamat surat yang benar, penulisan alamat haruslah benar serta lengkap. Pihak kantor post atau si pengirim barang tak akan tahu mau dikirimkan ke mana surat tersebut jika domisili tidak lengkap maupun terstruktur.

Tags: