Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel

morim.org – Flannel merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk keperluan membuat kerajinan. Sebab kain Flannel atau yang sering disebut-sebut sebagai kain Felt merupakan jenis kain dari bahan wol atau serat tenun. Untuk proses pembuatannya, Felt terbentuk setelah proses pemanasan serta penguapan untuk bisa menghasilkan beberapa tekstur pada kain.

Flanel sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa jenis, mulai dari Flannel Blend, Polyester, Akrilik, dan Bamboo. Dari ciri-ciri yang dimiliki oleh Felt, tekstur kain yang dimiliki berbusa, agak kaku, dan serat yang dimiliki dapat terlihat dengan sangat jelas. Perihal kain Felt yang sering digunakan sebagai bahan kerajinan. Lantas bagaimana cara mengolah Flannel Sebagai Bahan pembuatan boneka?

Membuat Boneka Dari Bahan Flannel

1. Persiapkan Alat Maupun Bahan 

Untuk hal pertama yang harus kita persiapkan dalam langkah-langkah pembuatan boneka adalah menyiapkan alat, dan bahan. Bahan utama yang akan digunakan sudah pasti kain Felt, kapas, benang, atau bisa juga menggunakan kertas. Sedangkan alat yang diperlukan diantaranya adalah gunting jarum pentul, kancing jika perlu, dan jarum jahit.

2. Membuat Pola’

Untuklangkah yang kedua kita masuk ke langkah pembuatanpola boneka. Disini kitabisa menggambar pola sesuai dengan keinginan masing-masing. Semisal Anda menggambar pola berunag,maka Anda juga harus menggambar pula pola baju untuk bonekah tersebut. Kemudian potong kain agar bisa sesuai bentuk pola yang ada.

3. Jahit Kain Hingga Membentuk Pola

Setelah bahan yang digunakan sudah sesuai dengan pola, maka langkah selanjutnya adalah menjahit potongan-potongan desain, mengikuti alur dari pola yang ada. Setelah terbentuk sepenuhnya, kita bisa lanjut dengan memasukkan kapas ke bagian dalam boneka,kemudian tutup dan jahit rapat-rapat. Dan usahakan kapas sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

4. Pasang Mata, Hidung, dan Kancing

Boneka memang tidaklepas dengan karakternya yang menyerupai manusia atau hewan. Oleh karena itu pasang pula untuk mata, hidung, mulut, kancing, dan baju yang sudah di buat sesuai dengan pola sebelumnya. Setelah selesai kita hanya tinggal merapikan dari setiap bagian boneka tersebut. mulai dari jahitan yang kurang rapi, pemotongan kain yang masih menyisihkan sisa, ataupun kekurangan lainnya.

Setelah melewati beberapa langkah tersebut, maka boneka sudah jadi, atau sudah siap untuk digunakan. Proses pembuatan sebuah boneka dari bahan ini tidaklah sulit bukan. Anda tidak perlu khawatir dengan bahan yang digunakan,karena bahan ini aman untuk dimainkan oleh anak-anak Anda. teksturnya pun juga lembut, sehingga taman saat dipeluk sang buah hati.

Baca Juga : Penulisan Alamat Surat yang Benar dan Terstruktur

Itulah cara mengolah flannel sebagai bahan pembuatan boneka. Cara-cara tersebut bisa Anda pergunakan untuk membuat boneka sendiri dirumah, tanpa harus membelinya. Karena boneka-boneka yang dijual dipasaran memiliki nilai jual yang tinggi. Dan tidak menjamin keamananya.