Agar Aman Buat Watermark Di Dokumen Anda

Agar Aman Buat Watermark Di Dokumen Anda

morim.org – Sekarang Anda perlu mengirim dokumen untuk dikirim ke bos Anda. Namun, karena ada kendala Anda khawatir dokumen tersebut berubah cara membuat watermark di word bisa menjadi solusi

Benar sekali membuat watermark atau logo air di dokumen akan menjadikan dokumen aman dari segala bentuk perubahan yang tidak diinginkan dan tidak sesuai dengan kehendak Anda. Dengan begitu dokumen yang Anda kirimkan tidak perlu khawatir akan ada perubahan-perubahan yang tidak diinginkan oleh Anda.

Selanjutnya tinggal mengetaui bagaimana menjadikan watermark agar nantinya dokumen Anda tidak mudah dicopy dan dibajak oleh orang lain. Terlebih dokumen word yang Anda buat murni hasil pemikiran Anda dan bukan hasil mengkopi pekerjaan orang lain.

Untuk pengguna Microsoft Word, beruntung sekali kali ini Anda akan diberikan caranya. Untuk membuat sebuah watermark pada word.

Langkah Menghasilkan Watermark Pada Word Anda

Bagi Anda pengguna Microsoft Word untuk keluaran tahun 2002 ke atas dan yang lebih baru. Anda dapat menerapkan cara berikut.

  • Buka Ms. Word Anda

Setelah memastikan bahwa Microsoft Word atau Ms. Word Anda sudah terbuka dan dapat berjalan dengan baik.

  • Buka Printed Watermark

Untuk mengaksesnya tergantung bagaimana versi dari wordnya masing-masing. Untuk Ms. Word 2007 dan yang terbaru. Pilihlah tab Page Layout lalu Anda lanjut mencari Page Background kemudian tekan opsi Watermark lalu pilih opsi Custom Watermark pada bagian bawah dari galeri Watermark.

  • Pilih Jenis Yang Ingin Anda Buat

Ini bagian yang menarik Anda dapat memilh mau watermark seperti apa. Karena ada dua opsi yaitu teks watermark atau gambar yaitu grafik. Setelah Anda memilih, dan sudah pasti yang paling Anda sukai. Jangan lupa tekan OK.

  • Atur Cara Munculnya Watermark

Anda dapat menggunakan WordArt apabila berbentuk teks untuk watermark Anda. Atau Anda bisa menggunakan alat untuk menangani gambar apabila watermark berbentuk gambar.

  • Menetapkan Halaman Yang Akan Diberi Watermark

Selanjutnya Anda perlu menentukan halaman mana yang akan Anda beri watermark karena walaupun tidak muncul, watermark akan bertindak sebagai header oleh karena itu apabila Anda ingin memunculkan watermark disatu halaman, maka Anda perlu mengaturnya.

Kelima langkah tersebut dapat dilakukan dan dengan lima langkah yang telah dipaparkan Anda perlu melakukan prakteknya langsung karena hanya dengan mencoba Anda dapat memahami dan melakukannya tanpa bingung.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir dokumen yang dibuat oleh Anda akan dicuri atau diambil secara tidak diketahui atau dibajak. Dengan menggunakan watermark dokumen Anda akan aman dari segala macam bentuk pembajakan. Tapi ingat tidak semua dokuman cocok dan tepat diberikan watermark oleh karena itu Anda harus sesuaikan dan pastikan dokumennya.

Baca Juga : Cara Setting BIOS Laptop HP Untuk Instal Ulang

Itulah beberapa cara membuat watermark di word semoga bermanfaat dan dapat digunakan caranya.